Rabu, 05 November 2014

Mengatasi Startup & Lama Loading (OS Windows)


Secara software/aplikasi, problem komputer lemot/lalo startup (lama loading), biasanya disebabkan karena banyaknya proses/aplikasi yang dijalankan oleh komputer saat pertama kali dihidupkan. Biasanya kita tidak begitu memperhatikan apa saja yang jalan itu asal komputer terasa cepat/normal, kita cuek saja.

Yang biasa dilakukan :
Biasanya oleh Anda ataupun seorang teknisi komputer lakukan adalah pemeriksaan di bagian registry maupun msconfignya. Paling gampang, tinggal jalanin CCleaner untuk pemeriksaan registry ini, kita tinggal terima beres.

Teknik lain/Cara lain untuk melakukan pengecekan startup windows.

Link Download :
Autoruns <-- link download dari sumbernya langsung.

Aplikasi ini ane bilang top markotop karena semua ditunjukkan disini.
Program yang jalan saat bootup/login, di folder startup Anda, Windows Registry (Run, RunOnce), shell object di browser Anda, task schedule, dsb. Pokoke banyak dan mungkin Anda akan kaget, betapa banyaknya program yang langsung jalan otomatis yang Anda tidak perlukan.

Inget IKLAN ane ini:
Semakin sedikit program yang ikutan startup, semakin cepat komputer Anda nge-boot / login.
kalau mau baca-baca lengkap tentang software ini, cekidot disini (bahasa Inggris).

Aplikasi ini bukan barang baru, mungkin Anda pernah mengenal dan bahkan menggunakannya untuk tugas/pekerjaan sehari-hari. jadi maaf kalau repost atau penjelasannya sedikit beda, versi nulis sendiri soalnya.

Apa yang bisa dilakukan oleh aplikasi ini ?
Diatas sudah disinggung, aplikasi ini dapat menampilkan apa saja yang dijalankan oleh komputer. Jadi yang bisa dilakukannya adalah mendisable dan menghapus baris startup tersebut!

catatan:
Disable = Cukup buang centangnya, baris masih ada tapi program tidak akan aktif saat startup. (cocok buat coba-coba)
Hapus = Klik kanan -> delete. Secara permanent hapus baris tersebut dari startup.



catatan:
Cara Pakainya:
  1. Download + Extract file Autoruns.zipnya. Ada 2 file exe, yang satu (autoruns.exe) versi GUI windows, yang satunya (autorunsc.exe) versi karakter/DOS.
  2. Jalankan yang versi GUInya, tunggu sebentar sampai proses scanningnya selesai/READY (lihat pojok kiri bawah layar untuk indikatornya).Bila baru pertama kali dijalankan, akan keluar licence/aggrement, tinggal pijit accept/OK saja.
  3. Yang pertama kita buka adalah tab logon, disini terlihat aplikasi-aplikasi yang dijalankan komputer saat pertama nge-boot. dalam contoh gambar ini, ane nge-disable adobe.


Keterangan :

Yang Bold Kuning : Boleh di Hapus Tanda Ceknya
Yang Warna Bold Merah : File Tidak Terpakai, Tapi Pastikan Tidak Terlebih Dahulu
Yang Tanpa Bold : FILE SYSTEM,JANGAN PERNAH DI HAPUS TANDA CEK'NYA !!!

note:
kalau kasus diatas point 1 itu kita tinggal mencari baris yang nyari file file*bermasalah*tersebut.exe di c:\ itu tinggal dihapus saja. cek image path di sebelah kanannya buat memastikan itu file VIRUS atau bukan.

4. Selanjutnya, tab task scheduler. Kita lihat aplikasi mana yang memanfaatkan kelengahan kita.             tinggal disable aja klo memang ga bermanfaat.

BIASANYA ... setelah dilakukan beberapa disable aplikasi yang tidak dianggap perlu, startup jadi lebih cepat dan problem seperti diatas hilang.

Untuk TAB yang lainnya bisa di explore sendiri, panduannya ada dalam file .zip tadi dengan extensi .CHM
terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar